Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal
Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal
Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal - Pelaksanaan suatu tes harus dilaksanakan berdasarkan perencanaan secara matang , teliti dan konseptual, sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan. Soal yang baik adalah soal yang dapat mengukur kemampuan siswa nya secara relevan dan representative. Di sinilah peran guru dalam membuat soal yang representative dan relevan sangat diperlukan. Pembuatan soal yang akan diujikan tidak boleh asal-asalan harus sesuai dengan standar pedoman penulisan soal yang baik dan benar. Guna mempermudah proses pembuatan soal seorang guru harus membuat kisi-kisi soal, agar soal yang diberikan sesuai dengan kompetensi yang akan di capai. Ada beberapa point yang harus tercantum dalam penyusunan kisi-kisi soal, so langsung saja simak langkah-langkah yang perlu anda lakukan dalam proses penyusunan kisi-kisi soal.
Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal |
Langkah Tepat dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal yang Baik dan Benar
Sebelumnya mari kita berkenalan dulu dengan apa itu kisi-kisi? Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan atau dalam melakukan perakitan tes.
Baca juga: Administrasi PBM Guru TIK SMPSyarat-syarat kisi-kisi yang baik anatara lain:
- Mewakili isi kurikulum yang akan diajukan.
- Komponen-komponen yang dimuat harus jelas, rinci, dan mudah dipahami.
- Soal -soal yang akan dibuat harus sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang telah ditetapkan.
Komponen kisi-kisi.
Dalam penyusunan kisi-kisi ada dua komponen yang harus diperhatikan, yaitu komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas meliputi : jenis stitusi/lembaga, program/jurusan, bidang study/mata pelajaran, tahun pelajaran, kurikulum yang digunakan, jumlah soal,alokasi waktu, dan bentuk soal. Sedangkan komponen matriks meliputi: kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum yang digunakan, materi, kelas dan semester, level kognitif, indikator dan nomor soal.
Langkah tepat yang harus dilakukan dalam menyusun kisi-kisi:
- Menentukan KD yang akan diukur
- memilih materi yang essensial
- merumuskan indikator yang mengacu pada KD
Patokan untuk memilih materi yang essensial, berikut merupakan kriteria materi yang essensial :
- materi lanjutan (Pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya)
- materi penting yang harus dikuasai siswa
- materi yang diperlukan untuk mempelajari bidang study yang lain
- materi yang memiliki nilai terapan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
Isi yang dimuat dalam indikator berisi tantang ciri-ciri perilaku yang dapat diukur sebagai petunjuk untuk membuat soal yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dengan kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Kriteria dalam perumusan indikator antara lain;
- Menentukan ciri -ciri KD yang akan diukur.
- Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur.
- Berkaitan dengan materi/ konsep yang dipilih.
- Dapat dibuatkan soal
Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lanjut mengenai langkah -langkah yang benar dalam menyusun kisi-kisi soal yang baik dan benar, anda bisa mendownload file di bawah ini.
1. Langkah-Langkah Penyusunan Kisi-Kisi.pdf
Demikian ulasan singkat tentang materi Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal semoga dengan penjelasan di atas dapat memperjelas materi yang kami bagikan saat ini. Terima kasih atas kunjungannya, kami tunggu kunjungan berikutnya dengan pencarian materi yang sudah pasti beda.