Download Buku Siswa K2013 Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Revisi 2017
Buku Siswa K2013 Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Revisi 2017
Buku Siswa K2013 Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Revisi 2017
- Buku Siswa dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk
memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga
digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran
(activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi
dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari
sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.
![]() |
Buku Siswa K2013 Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Revisi 2017 |
Buku
Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses
pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar,
berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman
maupun dengan gurunya. Guru dapat mengembangkan atau memperkaya materi
dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.
a.Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran
Setiap
subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai
dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa
dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya
b.Penghubung antara Guru, Sekolah, dan Orang Tua
Pada
setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan
orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran
di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon
tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan orang tua berperan
aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada
pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
c.Lembar Kerja Siswa
Buku
Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku
Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung
pada Buku Siswa.
d.Penilaian dan Portofolio
Di
dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat
digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio
yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.
e.Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
Melalui
proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal
siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang
telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat
melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai
dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
f.Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
Semua
hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses
pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua
dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti
proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam
jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.
g.Sebagai
alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi
diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.
- Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas 4 Tema 4 Berbagai Pekerjaan Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas 4 Tema 5 Pahlawanku Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Revisi 2017.pdf
Demikian uraian tentang materi Buku Siswa K2013 Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Revisi 2017 semoga akan menjadikan kemudahan anda dalam khusus menyusun Administrasi pembelajaran serta pelaksanaan pembelajaran di kelas.