--> Skip to main content

Download Materi Siap PLPG 2017 Guru Kelas SD

Salam Pendidikan Kesempatan ini kami membagikan materi pada bapak ibu pendidik sekolah dasar yang akan melaksanakan kewajiban dalam melaksanakan tuntunannya untuk menjadi pendidik yang profesional, Lulus dan mendapatkan tunjangan profesi guru tentu saja gembira. Bagi yang belum berhasil, masih ada kesempatan tahun ini mengikuti Ujian Tulis Nasional yang berisi materi Uji Kompetensi Guru yang diselenggarakan dua kali per tahun atau satu kali per semester. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No. 29 Tahun 2016 Tentang Sertifikasi Guru yang Diangkat Sebelum Tahun 2016.

Dibawah ini akan kami salinkan dari Permendikbud no 29 Tahun 2016 tentang Pola sergur diselenggarakan dengan pola PLPG atau Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. PLPG ini diselenggarakan dengan adanya tambahan berupa UKG atau Uji Kompetensi Guru yang dilaksanakan pada awal dan akhir penyelenggaraan PLPG.

Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2017

Sertifikasi diikuti oleh guru yang memenuhi syarat sebagai berikut:
a. memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV);
b. berstatus sebagai guru CPNS, PNS, atau guru tetap;
c. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
d. terdaftar pada Daftar Pokok Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; dan
e. telah mengikuti UKG sebelum PLPG, khusus bagi guru yang diangkat setelah Undang-Undang 

PLPG diselenggarakan sampai dengan tahun 2019 oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang ditetapkan oleh kementerian yang membidangi pendidikan tinggi. UKG pada akhir PLPG diselenggarakan sampai dengan tahun 2021 oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang ditetapkan oleh kementerian yang membidangi pendidikan tinggi.

Penyelenggaraan PLPG meliputi:
a. pendalaman materi;
b. pembelajaran berpusat pada peserta didik (student-centered learning);
c. praktik mengajar; dan
d. uji kinerja.
Bagi Bapak ibu yang belum memiliki silahkan download link dibawah ini :




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar